Penelitian Learning Loss Pada Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Dalam Rangka Realisasi MOU antara ChiFEC, Pusjaknas UAD, dan PWA DIY

/Penelitian Learning Loss Pada Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Dalam Rangka Realisasi MOU antara ChiFEC, Pusjaknas UAD, dan PWA DIY

Penelitian Learning Loss Pada Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Dalam Rangka Realisasi MOU antara ChiFEC, Pusjaknas UAD, dan PWA DIY

                                           TK ABA Tawarsari III

Children & Family Education Center (ChiFEC) , Pusat Studi Kebijakan Nasional Universitas Ahmad Dahlan (Pusjaknas UAD), dan Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah Daerah Istimewa Yogyakarta (PWA DIY) beberapa waktu lalu mengadakan penelitian sebagai wujud nyata kerja sama MOU antar lembaga. Kegiatan penelitian ini dilakukan mulai dari tanggal 25 – 30 Maret 2022, yang melibatkan kurang lebih 250 guru di Kabupaten yang ada di Yogyakarta. Kegiatan dimulai sekitar pukul 09.00 WIB, diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Aisyiyah.

                         SD Unggulan Aisyiyah Bantul

Penelitian ini fokus pada tumbuh kembang anak karena di masa pandemi anak banyak mengalami learning loss. Sasaran dalam penelitian ini adalah Guru TK ABA yang ada di DIY. Tim peneliti mengunjungi 5 Kabupaten yang ada di Yogyakarta antara lain, Kota Yogyakarta, Kulonprogo, Gunung Kidul, Sleman, dan Bantul. Pada masing-masih Kabupaten dihadiri perwakilan oleh 2 – 3 guru yang jika ditotal kurang lebih mencapai 50 guru TK ABA Se-Kabupaten tersebut.

Tim peneliti didampingi oleh pengurus dan atau pamong sekolah untuk membantu pengkondisian acara yang berlangsung. Kegiatan yang dilakukan adalah Forum Group Discussion (FGD) atau bisa disebut dengan wawancara atau  interview. Pengambilan data ini merupakan proses lanjutan dari penelitian sebelumnya dengan menggunakan media kuesioner melalui google form.  

            TK ABA Kauman Yogyakarta

Tak hanya fokus pada aspek tumbuh kembang pada anak, namun aspek yang didiskusikan juga mencakup pemahaman guru, fasilitas belajar anak selama Belajar Dari Rumah (BDR), dukungan dari lingkungan, serta aspek ekonomi. Guru-guru nampak antusias dalam mengikuti rangkaian acara ini dari awal hingga usai. Hal tersebut ditandai dengan aktifnya guru dalam melakukan diskusi dan saling menyampaikan pengalamannya selama mengajar di masa pandemi. 

Tim peneliti berharap bahwa data yang telah terkumpul dapat bermanfaat kedepannya. Berbagai masalah-masalah dan kendala yang ditemukan selama proses learning loss semoga dapat ditemukan jalan keluarnya bersama. (PM)

By | 2022-11-22T22:39:32+00:00 April 18th, 2022|Berita, Penelitian|0 Comments